Akselerasi Capaian Pajak, Camat Cikoneng Gelar Sosialisasi dan Evaluasi PBB-P2

Camat Cikoneng Drs. Wawan Ruhiyat, MM Didampingi Sekmat dan Kasi Tapem Gelar Sosialisasi dan Evaluasi PBB-P2

Cikoneng,- Dalam upaya meningkatkan pencapaian realisasi target penerimaan PBB-P2 di Kecamatan Cikoneng, Camat Cikoneng Drs. Wawan Ruhiyat, MM telah melakukan upaya antara lain sosialisasi melalui Rakor tingkat Kecamatan yang dihadiri oleh para Kepala Desa dan Kepala UPTD/UPTB se Kecamatan Cikoneng. Selanjutnya sebagai tindak lanjut dari Rakor tersebut bertempat di Aula Kecamatan Cikoneng pada tanggal 22 Maret 2021 dilaksanakan Evaluasi dan Sosialisasi PBB-P2 Tahun 2021.

Disampaikan kepada para peserta bahwa strategi pemungutan PBB-P2 yang dapat dilaksanakan sebagai contoh antara lain melalui cara Mapais (Mayar Pajak Pake Pisang), Bumbung (Celengan Pajak) yaitu para wajib pajak mengisi celengen tersebut untuk selanjutnya dibuka secara bersama sama. Para wajib pajak juga diundang untuk hadir di masing-masing Dusun sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh Desa.

Camat Cikoneng mengharapkan dalam upaya meningkatkan pencapaian realisasi penerimaan PBB-P2, untuk masing-masing Desa mempunyai strategi dan inovasi yang disesuaikan dengan karakteristik dan kondisi masyarakat di daerahnya masing-masing.

Kasi Tata Pemerintahan H. Ridwan, SPd.I M.Si Foto Bersama Kadus dan Kolektor PBB

Selanjutnya Kasi Tata Pemerintahan Kecamatan Cikoneng H. Ridwan, SPd.I M.Si melaporkan bahwa berdasarkan evaluasi capaian penerimaan PBB-P2 Tahun 2020 belum terrealisasi 100% dari jumlah target sebesar Rp 1.204.585.593 baru terrealisasi sebesar Rp 924.443.844 atau sekitar 76,7%. Adapun Desa yang mencapai target realisasi 100% adalah Desa Nasol.

Sedangkan untuk target besaran PBB-P2 Tahun 2021 berdasarkan Surat dari Kepala BPKD Kabupaten Ciamis adalah sebesar Rp 1.245.289301 dan sampai saat ini berdasarkan laporan dari masing-masing Desa baru terkumpul realisasasi penerimaan sebesar Rp 59.162.592. (admin)

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *